Minggu, Februari 07, 2010

pemerintah tidak adil


Masih teringat tentang orang-orang yang selalu bersemangat mengatakan mewakili kelompoknya untuk memisahkan daerahnya dari NKRI. Yang sering membuat saya paling tidak secara pribadi (entah anda?) malas untuk membuka kompasiana dalam beberapa saat. Sampai rasa galau ini reda.

Paling tidak satu dari sekian banyak hal yang selalu mereka tuntut yang masih teringat dalam otak saya yaitu KEADILAN,

Apakah sebenarnya arti kata keadilan ini?

Setelah Beberapa kali tanya mbah google saya mendapatkan jawaban. Keadilan yang berasal dari kata ADIL yang mendapat awalan ke- dan akhiran -an. Mempunyai arti menempatkan sesuatu pada tempatnya. Dalam kamus bahasa arab di katakan “Dukhulu Syai fii maqoomihi”

Dari definisi diatas tentunya kita semua, atau kalau anda tidak sepakat, saya secara pribadi entah karena keterbatasan ilmu saya bisa mengartikan secara gampang bahwa ADIL belum tentu sama. Artinya porsi yang kita berikan terhadap sesuatu disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya saya membeli CD dengan ukuran X, maka akan mejadi salah apabila saya membelikan adik saya yang masih berumur 9 tahun dengan ukuran yang sama pula dengan alasan keadilan. Anda yang kebetulan melihat tingkah saya tentuya akan mengatakan bahwa saya adalah orang tida waras.

Tapi untungnya ini hanyalah perumpamaan, jadi kepada siapapun yang berteriak KEADILAN dan meminta sesuatu melebihi porsinya dan tidak pada tempatnya, saya akan katakan bahwa anda TIDAK WARAS.

benarkah pemerintah berbuat tidak adil?

saya yang tidak sarjana tidak bisa memaksa anda berpikir sama dengan saya yang bodoh ini.

0 komentar:

Posting Komentar